PHP 1#: Membuat File PHP Dan Menjalankan File PHP

1 min read

Menjalankan File PHP dan Menjalankan File PHP

Halo sobat cyber pada seri bahasa pemrograman PHP yang pertama ini kita akan belajar bagaimana membuat file PHP dan juga menjalankan file PHP.

Text editor yang saya gunakan dalam seri belajar kali ini adalah Sublime Text karena text editor ini cukup ringan, sahabat cyber juga bisa menggunakan text editor yang lainnya. Karena PHP adalah bahasa pemrograman server-side scripting (script yang diproses di sisi server), jadi PHP membutuhkan web server untuk menjalankannya. Web server yang saya gunakan adalah apache, oleh karena itu saya menggunakan xampp karena didalam xampp sudah terdapat apache dan juga MySQL untuk databasenya. Untuk download xampp bisa klik disini.

Ya saya anggap sobat cyber sudah menginsall Xampp-nya.

1. Membuat File PHP

Yang pertama buatlah folder terlebih dahulu dan letakkan folder tersebut di dalam folder htdocs yang ada di dalam xampp. Dan saya membuat folder dengan nama BelajarPHP seperti gambar dibawah.

membuat folder belajarphp

Buka sublime text selanjutnya klik file -> open folder dan cari folder BelajarPHP yang sudah kita buat tadi, seperti gambar dibawah.

membuka folder belajarphp

Selanjutnya buatlah file baru dengan nama index.php di dalam folder BelajarPHP, jangan lupa saat membuat file php beri ekstensi .php yang menandakan kalau ini adalah file php.

membuat file php

Cukup mudah kan sobat cyber untuk membuat file php.

2. Menjalankan File PHP

Yang pertama tuliskan code di dalam file php seperti dibawah ini.

Membuat File PHP Dan Menjalankan File PHP

lalu save atau klik ctrl+s.

Setelah itu buka xampp control panel lalu jalankan apache dengan meng-klik start, tunggu sampai apache berwarna hijau. Seperti gambar dibawah.

menjalankan apache

Selanjutnya buka web browser kalian lalu ketikan url “localhost/BelajarPHP”, maka file php akan berjalan dan memberikan output “Hello World” di halaman web browser kita.

output file php

Ya mungkin muncul pertanyaan dari kalian “bagaimana jika ingin membuka file php yang lain?”. Ya kalian tinggal menambah “/” dan diikuti nama file php. Intinya untuk menjalankan file php ketikkan “localhost/NamaFolder/NamaFilePHP. Seperti gambar dibawah.

Membuat File PHP Dan Menjalankan File PHP, output file php dua

Baik sobat cyber itulah cara membuat file php dan menjalankan file php, silahkan untuk dipelajari dan dipraktekkan. Kita akan belajar bahasa pemrograman PHP pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: